selalu..BERGERAK BERSAMA RAKYAT

Wednesday, June 27, 2007

Pasokan Minim, 3.000 Beras Ketan Akan Diimpor Dari Vietnam

Akibat minimnya persedian beras ketan di Ibukota Jakarta, khususnya untuk kebutuhan industri, Food Station sebagai pengelola Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), akhir Juni ini akan mengimpor 3.000 ton beras ketan dari Vietnam.

"Rencananya akhir Juni ini, 3000 ton beras ketan dari Vietnam akan masuk ke PIBC," terang Kepala Seksi Monitoring Food Station PIBC Nurul Shantiwardhani.

Nurul mengungkapkan, pihaknya dan beberapa importir lainnya di berbagai kota Indonesia telah mendapatkan izin dari Departemen Pertanian untuk mengimpor beras ketan. Namun pemberian izin impor beras ketan tersebut baru dikeluarkan, setelah pihak importir melaksanakan kewajibannya membeli beras ketan nasional sebanyak 5 persen dari total impornya.

“Kewajiban para importir ini untuk membeli beras ketan nasional sebanyak 5 persen bertujuan menjaga kontinuitas produksi beras ketan dalam negeri,” ujarnya.

Beranjak dari peraturan tersebut, pihak PIBC berencana untuk membeli beras ketan nasional sebanyak 150 ton terlebih dahulu sebelum melakukan impor. "Rencananya, kami akan membeli beras ketan dari Jawa Tengah," ungkap Nurul.

Sementara itu, berkaitan dengan stok beras di PIBC menurut Nurul sudah mulai stabil. Produksi beras nasional diyakini mampu memenuhi kebutuhan beras menyusul panen raya di sejumlah wilayah yang selama ini menjadi sentra penghasil beras. “Oleh sebab itu pemerintah mengambil kebijakan untuk menghentikan impor beras tersebut,” katanya.




Labels:

    << Homepage

Artikel

 Subscribe in a reader


Categories

INFO KEGIATAN

Pengurus PKK Jaktim

Archives





Credits


Link Share



Link PDP


PKN PDP
PKP PDP DKI Jakarta
PKK PDP Depok
PKK PDP Karawang
PKK PDP Sleman

e-Book

Wajib dibaca !!


Powered by FeedBurner



Add to Technorati Favorites