selalu..BERGERAK BERSAMA RAKYAT

Monday, June 25, 2007

Pelatihan Blogging for Democracy: Berkampanye Lewat Blog

Pada tanggal 24-25 April 2007 lalu, Friedrich-Naumann-Stiftung (FNS) bersama dengan Partai Demokrat melangsungkan pelatihan membuat blog yang bertema “Blogging for Democracy”. Acara yang diadakan di Milenia Net Café Pasaraya ini dihadiri oleh 15 peserta dari jajaran DPP Partai Demokrat. Pada pagi hari tanggal 24 April 2007, acara pelatihan dibuka oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Prof. Achmad Mubarok. Turut hadir dalam acara ini adalah Ketua Bidang HANKAM Drs. Nurfaizi, MM., Wakil Ketua III Departemen Kebijakan Politik dan Pemerintah DPP Partai Demokrat, Mohamad Sukri, serta M. Husni Thamrin dan Vera Jasini Putri sebagai perwakilan dari FNS dan juga sebagai pelatih dalam acara tersebut.

Partai Demokrat sebenarnya sudah tidak begitu asing dengan teknologi internet maupun blog ini, mengingat Presiden SBY yang berasal dari Partai Demokrat pun sudah memiliki blognya sendiri. Segala macam info yang relevan dengan tugas kepresidenan, termasuk juga agenda serta berita kepresidenan yang terbaru bisa dibaca di blognya. Selain itu, Partai Demokrat juga sudah memiliki sebuah website yang berisi informasi terkini mengenai partai. Selain berita terkini, website ini juga memuat visi dan misi partai yang setiap saat bisa dibaca oleh pengunjung situs.

Prof. Achmad Mubarok sendiri menekankan dalam acara pembukaan pelatihan, bahwa penggunaan blog ini sangatlah tepat, bahkan dia pun sudah memiliki blog sendiri yang sudah aktif berjalan sejak 10 bulan lalu. Beliau menegaskan bahwa segmen pasar dari penggunaan internet ini adalah kaum muda dan pelajar, sehingga diharapkan dapat memikat pemilih pemula dari tiap blog yang dimiliki oleh kader Partai Demokrat. Blog ini tentunya dapat dijadikan sebagai sarana kampanye yang baik, karena kampanye seperti ini merupakan cirri-ciri dari politik cerdas.

Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan bagaimana membuat blog sendiri. Mulai dari membuat sebuah email sebagai prasyarat utama membuat blog. Setelah itu, para peserta pun dibimbing secara step-by-step untuk membuat blog. Para peserta tampak sangat antusias dalam belajar blog ini. Mereka tidak malu dan tidak ragu untuk bertanya segala macam terkait dengan teknologi internet, dunia maya, serta situs-situs lain yang bisa mereka manfaatkan untuk mempromosikan serta mengembangkan blog mereka.

Sama halnya dengan pelatihan-pelatihan blog sebelumnya yang pernah diadakan oleh FNS, para peserta berpendapat bahwa waktu yang diberikan sangatlah terbatas, karena masih begitu banyaknya ilmu yang harus mereka pahami. Mereka pun mengusulkan agar diadakan jenjang pelatihan berikutnya, dimana mereka siap untuk berpartisipasi.

Pelatihan ini merupakan pelatihan blog ketiga yang diadakan oleh FNS. Pelatihan yang pertama diadakan di Jakarta pada bulan Desember 2006 lalu dengan mendatangkan pelatih khusus dari Filipina, Abe Olandres. Pelatihan ini diikuti oleh lintas partai dan LSM. Sedangkan pelatihan kedua diadakan di Semarang dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada bulan Februari 2007. Kedua pelatihan tersebut mengangkat tema yang sama: ”Blogging for Democracy”.

Pelatihan Blogging FNSt dengan PAN

Untuk ke-empat kalinya, Friedrich-Naumann-Stiftung (FNSt) Indonesia mengadakan pelatihan blogging dengan tema “Blogging for Democracy”. Pelatihan yang kali ini diikuti oleh anggota Partai Amanat Nasional (PAN) berlangsung secara serius dan lancar mulai tanggal 19-20 Juni 2007. Sebanyak 20 peserta mengikuti jalannya pelatihan dengan tertib dan pada akhir hari pelatihan, mereka berhasil membuat blog mereka masing-masing yang akan mereka isi dengan berita dan informasi politik, khususnya seputar pandangan dan aspirasi PAN.

Pelatihan kali ini bisa dikatakan sedikit berbeda dengan pelatihan blog yang pernah diselenggarakan oleh FNSt. Hal ini disebabkan beberapa peserta pelatihan sudah ada yang memiliki blog yang aktif. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi mereka, karena membuat mereka lebih mudah memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat sebuah blog baru. Mereka pun diuntungkan karena sudah lebih akrab dengan software dan istilah-istilah yang sering dikenal dalam dunia blog. Namun pelatihan ini malah menyemangati mereka untuk mendalami lebih jauh mengenai kiat-kiat yang dapat membuat blog mereka dikenal oleh lebih banyak orang lagi.

Pelatihan yang dilaksanakan di DPP PAN atau lebih akrab disebut sebagai Rumah PAN ini, dibuka oleh Bapak Teguh Juwarno (Wakil Sekjen DPP PAN) yang juga bertindak sebagai peserta pelatihan. Beliau menyampaikan segenap harapan agar para peserta dapat menggali ilmu sedalam mungkin dalam pelatihan ini dan dapat menjadikan blog mereka masing-masing kelak menjadi sebuah tempat dimana masyarakat luas dapat mengakses dan membaca segala macam info dan berita seputar PAN. Teguh Juwarno juga mengharapkan agar kelak blog mereka masing-masing dapat berjalan secara berkesinambungan dan dipertahankan.

Para peserta terlihat sangat antusias mendalami ilmu yang terkait dengan dunia internet dan blog. Seperti pelatihan-pelatihan sebelumnya, sesi pertama pelatihan diisi dengan pengenalan dan pemahaman pada teori, istilah dan kiat-kiat menulis pada sebuah blog politik. Walaupun teknik podcasting dan vicasting tidak diajarkan secara mendalam dalam pelatihan ini, namun para peserta terlihat sangat ingin tahu tentang kemajuan dan fasilitas teknologi yang dapat tersedia di blog.

Beberapa diantara peserta ingin mengetahui tentang cara-cara memasarkan blog mereka. Ada pula diantara mereka yang ingin mengetahui tentang proteksi yang disediakan oleh penyedia (hosting) blog. Pada sesi pertama ini, para peserta terlihat sudah tidak sabar untuk memulai pada praktek pembuatan blog. Mereka ingin segera mempraktekkan cara membuat blog agar informasi serta berita yang ingin mereka sampaikan dapat segera dibaca oleh pengunjung blog.

Pada akhir pelatihan blog, para peserta berharap agar sebuah kelas lanjutan dapat segera dilaksanakan. Khususnya kelas pelatihan yang mendalami ilmu seputar podcasting dan vicasting. Pelatihan ditutup oleh Bapak Totok Daryanto selaku Ketua DPP Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PAN.


Labels: ,

    << Homepage

Artikel

 Subscribe in a reader


Categories

INFO KEGIATAN

Pengurus PKK Jaktim

Archives





Credits


Link Share



Link PDP


PKN PDP
PKP PDP DKI Jakarta
PKK PDP Depok
PKK PDP Karawang
PKK PDP Sleman

e-Book

Wajib dibaca !!


Powered by FeedBurner



Add to Technorati Favorites